Langsung ke konten utama

Pohon Kelapa Pohon Beribu Manfaat

Pohon Kelapa Pohon Beribu Manfaat
Kelapa (Cocos nucifera) sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang sudah tau manfaat dan khasiat dari buah kelapa. Namun bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi mulai dari daun hingga akar pohon kelapa memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat bagian-bagian pohon kelapa. Diantaranya :

A. Akar Kelapa.

1. Manfaat Akar Kelapa Bagi Tubuh.

Ternyata akar kelapa mengandung karbohidrat, lipid, asam laurat, miristat, dan kaprilat yang berfungsi sebagai sumber energi dan dapat memperkuat kekebalan dan daya tubuh manusia. Akar kelapa juga dapat digunakan sebagai obat berbagai macam gangguan pencernaan dan mengobati gejala gatal-gatal. Selain itu, akar kelapa juga merupakan salah satu bahan dalam pembuatan sikat gigi dan alat pencuci mulut.

2. Bahan Dalam Konstruksi Bangunan.

Bentuk akar kelapa yang serabut, menjadikan stuktur kuat pada akar kelapa dapat digunakan sebagai penyangga yang cukup kokoh pada sebuah bangunan.

3. Pencegah Banjir.

Pohon kelapa termasuk salah satu pohon yang efektif dalam menyerap air. Akar kelapa memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah yang besar, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

4. Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan

Akar kelapa juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti gelang dan kalung yang memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.


B. Manfaat Batang Kelapa.

1. Pengganti Kayu Bangunan.

Struktur batang kelapa yang memiliki tingkat kerapatan yang tinggi, menjadikan batang kelapa dapat diolah menjadi berbagai macam furnitur dan komponen untuk bangunan.

2. Barang Kerajinan.

Selain akarnya, batang kelapa juga dapat diolah menjadi beragam produk atau barang kerajinan yang memiliki nilai jual.
Kerajinan tangan yang sering dibuat dari bahan ini diantaranya mainan, aneka souvenir, dan berbagai macam alat rumah tangga.

3. Bahan Pembuatan Kertas.

Sama halnya dengan jenis pohon lainnya, ekstrak dari batang kelapa ternyata digunakan juga sebagai bahan dalam pembuatan kertas.

4. Bahan Pembuatan Arang.

Batang kelapa seringkali digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan arang.

C. Manfaat Daun Kelapa

1. Ketupat.
Sudah menjadi tradisi dalam membuat ketupat menggunakan daun kelapa yang masih muda dan berwarna kuning kehijauan. Tak akan lengkap rasanya jika hari raya tak dilengkapi panganan khas yang mengunakan daun kelapa ini.

2. Pembuatan Atap.
Di beberapa daerah di Indonesia, daun kelapa masih digunakan sebagai atap beberapa jenis bangunan seperti saung, gazebo, bahkan rumah. Daun kelapa yang setengah kering dianyam sedemikian rupa dengan rapi kemudian digunakan sebagai atap.

3. Hiasan Pernikahan.
Janur kuning yang merupakan lambang adanya pesta pernikahan yang sering diletakkan di tepi jalan ternyata dibuat menggunakan daun kelapa muda. Dalam proses pembuatannya diperlukan teknik dan keahlian khusus dalam pembuatan janur.

4. Pakan Ternak.
Daun kelapa yang masih muda diambil lidinya lalu dimanfaatkan menjadi pakan alternatif ternak seperti sapi dan kerbau.

5. Bahan Kerajinan Tangan.
Bagian lainya dari pohon kelapa yang sering digunakan untuk kerajinan adalah daunnya. Selain akar dan batangnya, daun kelapa biasanya dibuat menjadi tikar, bakul, anyaman, dan lain sebagainya.

D. Manfaat Buah Kelapa

1. Air Kelapa.
Banyak dari kita sering meminum air kelapa. Selain karena kaya manfaat, kandungan nutrisi yang melimpah pada air kelapa baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan baik dikonsumsi oleh untuk ibu hamil dan penderita diabetes.

2. Daging Kelapa.
Daging kelapa muda yang lezat biasanya dikonsumsi secara langsung. Agar rasanya semakin lezat, daging kelapa mauda bisa dicampurkan pada es buah atau minuman lainnya. Untuk daging kelapa yang sudah tua dapat diolah menjadi santan dan minyak kelapa.

3. Tempurung Kelapa.
Tempurung kelapa yang keras sering kali digunakan sebagai arang untuk memasak, gayung, sendok nasi, dan lain segalanya.

4. Sabut Kelapa.
Sabut kelapa bisa digunakan sebagai bahan dalam pembuatan tali, karpet, boneka, keset, dan lain sebagainya. Bahan  ini juga dapat diolah menjadi media tanam.





Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari pohon kelapa. Oleh karena itu, pohon ini sering disebut sebagai pohon seribu manfaat.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tunggu artikel lainnya mengenai dunia flora hanya di Artikel Flora atau bisa follow Instagram @articleflora.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain. Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu. Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya m