Langsung ke konten utama

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona
Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain.

Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu.

Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari pohon ini.



Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tunggu artikel lainnya mengenai dunia flora hanya di Artikel Flora atau follow di akun Instagram @articleflora.id.

Komentar