Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Pohon Dan Buah Jambu Air

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Pohon Dan Buah Jambu Air
Jambu air (Syzygium aqueum) termasuk dalam kategori tanaman suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebenarnya berbeda jenis dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), walaupun buahnya hampir serupa namun tak sama. Beberapa kultivarnya bahkan sulit dibedakan, sehingga keduanya kerap disebut dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air termasuk tanaman yang mudah di budidaya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari jambu air. Berikut adalah manfaat pohon dan buah jambu air, diantaranya :

A. Manfaat Pohon Jambu Air Untuk Kesehatan

Tak banyak yang mengetahui bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun jangan salah ternyata beberapa hal dari pohon jambu air ini memiliki manfaat yang tak kalah dari buahnya. Berikut beberapa manfaat dari bagian jambu air lainya.

1. Bijinya.

Biji buah jambu air jika sudah dikeringkan dan dihancurkan dapat dijadikan sebagai obat diare, asma, serta dapat menurunkan demam. Sedangkan biji buah segarnya dapat membantu menyembuhkan penyakit disentri, katarak, serta diabetes. Selain itu biji jambu air juga mengandung zat yang biasanya dipakai sebagai anestesi.

2. Bunganya.

Bunga jambu air selain memiliki keharuman yang manis juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan panas pada demam. Apabila di campur dengan daunnya dan dihancurkan serta dijadikan masker, bunga jambu air dapat membantu meredakan cacar air.

3. Daunnya.

Daun jambu air dapat dimanfaatkan sebagai obat mata serta melancarkan pencernaan seperti sembelit dan diare.

4. Batang kayunya.

Batang kayu jambu air memiliki aroma yang sama seperti buahnya. Dapat digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, mulai dari asma, bronkitis hingga masalah infeksi tenggorokan.

5. Akarnya.

Akar jambu air dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit epilepsi.

B. Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan.

Jambu air mengandung vitamin C dan A, serat makanan, kalsium, tiamin, niasin dan zat besi. Ditambah kandungan airnya yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai 93 gram per 100 gram. Kebutuhan konsumsi cairan bagi tubuh bisa mencapai 2-3 liter perhari. Memakan buah jambu air secara cukup dan rutin mampu memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Selain itu masih ada beberapa manfaat lain dari buah jambu air, diantaranya :

1. Membersihkan hati dan ginjal.

Manfaat cairan sangat penting untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kekurangan cairan akan berbahaya, sebab membuat kita kelebihan lemak, pertumbuhan dan kesehatan otot berkurang, fungsi pencernakan dan organ terganggu, berkurangnya efektifitas detoksifikasi dalam tubuh dan timbulnya rasa sakit pada otot dan persendian.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam jambu air bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen agar kulit tetap terlihat muda.

3. Mengendalikan kadar gula darah.

Serat makanan dalam jambu air membantu mengendalikan kadar gula darah. Kandungan serat dan air dalam buah ini juga membantu dalam mengatasi masalah pencernaan umum dan diare.

4. Menghidrasi Tubuh.

Karena kandungan air yang sangat tinggi dalam jambu air, selain dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan dingin saat udara dan cuaca sedang panas.

5. Meningkatkan kesehatan jantung.

Kandungan serat dalam jambu air putih dapat mengatur kadar kolesterol, yang merupakan penyebab dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

6. Mencegah terjadinya infeksi.

Buah jambu air ternyata memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba yang efektif untuk mencegah terjadinya infeksi. 

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tunggu artikel lainnya mengenai dunia flora hanya di Artikel Flora atau bisa follow Instagram @Articleflora.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain. Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu. Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya m