Langsung ke konten utama

Manfaat dan efek samping tanaman putri malu yang tak disangka-sangka

Manfaat dan efek samping tanaman putri malu yang tak disangka-sangka
Putri malu (Mimosa pudica) tumbuhan yang biasanya kita anggap cuman sekedar rumput ilalang biasa saja ternyata semiliki banyak manfaat. Tak seperti yang kita duga, tanaman yang sering tumbuh di pinggiran jalan dan sering dipandang sebelah mata ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan sekaligus memiliki beberapa efek samping yang perlu untuk diketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat tanaman putri malu diantaranya : 

1. Menyembuhkan Luka Diabetes

Berdasarkan dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, tumbuhan putri malu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes. Hasil penelitian tersebut didapati jika dalam akar tanaman putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes.

2. Menyembuhkan Batuk Berdahak

Tanaman putri malu bisa menjadi solusi batuk khususnya batuk yang disertai dengan dahak. Untuk membuat ramuan menyembuhkan batuk, rebuslah 10 hingga 15 gram daun putri malu dengan air secukupnya sampai mendidih dan setelah dingin bisa diminum. Selain menyembuhkan batuk, tanaman ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah seperti pilek serta beberapa penyakit yang berhubungan dengan pernapasan lainya.

3. Menyembuhkan Luka 

Penelitian juga membuktikan jika akar dari tanaman putri malu sangat baik digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan dalam akar putri malu mengandung senyawa fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit yang terluka. Bahkan dikatakan jika tanaman ini juga berguna untuk pertolongan pertama pada luka bakar.

4. Mengobati Hepatitis

Manfaat lainnya dari tanaman putri malu yaitu bisa digunakan untuk pengobatan sekaligus pencegahan hepatitis. Mengkonsumsi air rebusan putri malu bisa meredakan penyakit hepatitis sekaligus meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang terjadi akibat virus hepatitis tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Dari penelitian lainnya juga membuktikan jika keracunan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan tanaman putri malu. Sebab kandungan ekstrak putri malu ini bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya.


6. Mengatasi Insomnia

Mengalami gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tanaman putri malu baik digunakan untuk mengatasi insomnia. Cara mengatasi masalah tidur tersebut dengan cara merebus sekitar 50 gram putri malu secukupnya dan diminum setiap malam hari sebelum pergi tidur.

7. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi

Ekstrak dari bubuk tanaman ini pula bermanfaat untuk kesehatan kulit karena kandungan senyawa tanin dan antioksidan yang terkandung dalam putri malu sangat penting untuk menghentikan pendarahan dan juga menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat.

8. Mengatasi Demam

Bagi penderita demam dan sakit kepala juga bisa mengunakan daun putri malu. Sebab tanaman ini memiliki khasiat untuk menurunkan panaa demam dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, menggigil dan juga keringat dingin. Kandungan senyawa dalam putri malu ampuh untuk mengontrol suhu tubuh agar bisa kembali normal serta mencegah demam dan panas kembali terjadi.

9. Mengencerkan Dahak

Bagian daun tanaman putri malu efektif digunakan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Dengan meminum air rebusan daun ini, maka dahak akan menjadi lebih encer sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

10. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan tanaman putri malu bisa juga digunakan sebagai pelancar saluran kemih. Sebab kandungan sifat anti bakteri dalam daun putri malu dapat menghindarkan tubuh dari serangan bakteri serta kuman.

11. Menangkal Racun Ular

Tak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi dan antioksidan, namun tanaman ini juga memiliki sifat anti bisa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra. Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular tersebut. Namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar medis agar dosis yang digunakan bisa tepat.

12. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Tanaman putri malu bisa digunakan dalam mengatasi masalah rematik. Rematik adalah salah satu masalah peradangan yang terjadi di area persendian karena autoimun dalam tubuh yang rendah. Tanaman putri malu ampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dialami penderita rematik. 

13. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Sejak jaman dahulu, cabang dari tanaman ini sudah digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap, mengurangi plak, mengatasi dingivitis, memutihkan gigi dan juga periodontitis. Selain itu, dalam tanaman ini juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis seperti Actinobacillus actinomycetemcomitans, Capnocytophaga spp dan juga Treponema denticola.

14. Meningkatkan Stamina Untuk Pria

Tanaman putri malu bahkan berguna untuk meningkatkan stamina pria. Untuk mengonsumsi tanaman ini, bisa dengan cara merebus 15 lembar daun putri malu bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum hingga habis. Khasiatnya akan terasa 30 menit sesudah minum air rebusan daun ini.

Perlu diketahui dibalik khasiat ampuh tersebut, sangat penting untuk mengetahui efek samping bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa efek samping tanaman putri malu diantaranya :

1. Alergi

Efek samping pertama yang dapat muncul dari daun putri malu adalah alergi. Alergi ini kerap menyerang Anda yang tubuhnya tidak bisa menerima kandungan yang ada di dalam daun putri malu. Oleh karena itu, tanaman putri malu tidak cocok untuk sebagian orang.

2. Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa menjadi peryanda tubuh yang di dalamnya mengalami reaksi yang tidak baik. Apapun itu jika tubuh tidak bisa menerimanya, maka ia akan mengeluarkan dengan cara memuntahkannya.

3. Kepala Pusing atau sakit kepala

Mual dan muntah biasanya disertai dengan kepala pusing. Efek samping kepala pusing umumnya terjadi ketika Anda mengkonsumsi daun putri malu dalam jumah yang banyak. Sehingga dampaknya akan berbanding terbaik. Reaksi negatif yang justru akan Anda dapatkan. 

4. Memperparah Rematik

Meskipun sisi positif dari daun putri malu ini mampu menyembuhkan penyakit rematik, namun juga bisa memperparah penyakit rematik. Hal ini bisa terjadi ketika Anda megkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Sehingga reaksi yang akan muncul justru sebaliknya.

5. Mengganggu Melancarkan Aliran Darah

Efek samping selanjutnya yang dapat muncul dari mengkonsumsi daun putri malu adalah dapat mengganggu melancarkan aliran darah. Mengingat kelancaran darah menjadi bagian yang penting dalam menstabilkan kesehatan yang ada di dalam tubuh. Sebab akan sangat berbahaya bagi tubuh jika proses aliran darah terganggu.

Tambahkan dalam proses memanfaatkan tanaman putri malu diperlukan standarisasi yang baik dan menggunakan takaran dosis yang sesuai anjuran agar tidak menimbulkan efek samping.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain. Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu. Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya m