Langsung ke konten utama

Kupas Tuntas Manfaat Pohon Pisang Mulai Dari Akar Hingga Daun

Kupas Tuntas Manfaat Pohon Pisang Mulai Dari Daun Hingga Akar
Pisang (Musa Paradisiaca) yang biasanya kita yang konsumsi ini selain memiliki rasa yang manis dan enak, pisang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Tak mengherankan jika buah yang satu ini sangat diminati oleh semua orang dari semua kalangan.

Namun banyak dari kita yang jarang memanfaatkan bagian pohon pisang. Memang masih disayangkan banyak yang belum melirik atau menyadari khasiat untuk kesehatan dari bagian-bagian pohon pisang. Mulai dari daun hingga akarnya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. 

Berikut ini adalah manfaat dari masing-masing bagian pohon pisang, diantaranya :

A. Manfaat Daun Pisang.

Siapa sangka daun pisang yang biasanya digunakan sebagai bungkus makanan ini memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tak sebatas sebagai pembungkus makanan, berikut ini manfaat lainnya dari daun pisang, antara lain :

1.Mengobati Luka.
Siapa sangka daun pisang yang biasanya digunakan sebagai bungkus makanan ini dapat digunakan sebagai pengobatan luka pada kulit. Daun pisang ini cukup efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti ketombe, eksim, dan kulit terbakar karena sinar matahari. Cara menggunakanya dengan cara mengoleskan daun pisang yang sudah direndam dalam air dingin pada kulit yang bermasalah atau mengonsumsinya dalam bentuk jus.

2. Memanfaatkannya untuk Sumber Antioksidan.
Radikal bebas termasuk zat yang berbahaya bagi tubuh. Untuk menangkal radikal bebas diperlukan antioksidan yang cukup. Untungnya, daun pisang dapat dimanfaatkan sebagai sumber antioksidan. Untuk menggunakannya, cukup siapan daun teh pisang dan konsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari.

3. Mengontrol Demam.
Karena kandungan antioksidan dan astringe yang tinggi, daun pisang efektif untuk meredakan peradangan serta kegelisahan yang dialami akibat demam.

4. Menyehatkan Kulit.
Selain untuk menyembuhkan, daun pisang bisa juga digunakan untuk perawatan kulit.
Caranya dengan menumbuk daun pisang dan oleskan hasilnya pada permukaan kulit wajah atau seluruh tubuh. Kandungan antioksidan serta allanation akan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

5. Meningkatkan Imun pada Tubuh.
Kandungan allanation pada daun pisang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Melembutkan Rambut.
Ekstrak dari daun pisang yang dioleskan pada kepala mampu mengatasi masalah rambut seperti kulit kepala kering dan ketombe. Selain itu, masker dari daun pisang pun sangat ampuh untuk meredakan kulit kepala yang gatal.

7. Mengatasi Selulit.
Daun Pisang ternyata dapat mengatasi selulit. Caranya dengan mengkukus daun pisang dan tempelkan pada area dengan selulit yang ingin dihilangkan selama beberapa jam.

8. Membantu Mengobati Disentri.
Allantoin dan polifenol adalah dua kandungan yang bisa ditemukan di dalam daun pisang yang sudah dikeringkan.
Keduanya efektif untuk meredakan pendarahan usus dan terbukti ampuh untuk mengurangi pendarahannya.

B. Manfaat Batang Pohon Pisang.

Batang Pohon Pisang seringkali tidak dimanfaatkan, justru kebanyakannya malah dibuang lalu menjadi limbah. Namun siapa sangka di luar negeri sana batang pohon pisang ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Alasan mahalnya apalagi kalau bukan karena manfaatnya. Berikut ini manfaat dari batang pohon pisang, antara lain :

1. Mendetoksifikasi sistem pencernaan.
Batang pohon pisang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan bahan alami ini sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan dari berbagai macam penyakit. Selain itu, batang pohon pisang membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan mengandung serat yang baik untuk usus.

2. Mengobati batu ginjal dan ISK.
Batang pohon pisang akan lebih berkhasiat lagi jika dimanfaatkan dengan kapulaga, gunanya untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Untuk memanfaatkannya bisa dengan cara dibuat jus. Jus batang pohon pisang jika di campur dengan jeruk nipis mampu untuk mencegah pembentukkan batu ginjal. Cara ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan penyakit ISK.

3. Penurunan berat badan.
Batang pohon pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia.
Hasilnya, batang pohon pisang ini efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan naik drastis.

4. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah.
Batang pohon pisang juga kaya akan kandungan vitamin B6 dan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh manusia.
Selain itu, kandungan kalium dalam batang pohon pisang mampu mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menyembuhkan asam lambung.
Bagi orang yang memiliki masalah sakit lambung atau asam lambung, batang pohon pisang bisa jadi pilihan alternatif sebagai ramuan obat alami. Batang pisang cukup efektif membantu mengatur kadar asam dalam tubuh.

6. Menstabilkan gula darah.
Karena kandungan glikemik rendah dalam batang pohon pisang berfungsi untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah.
Oleh karena itu batang pohon pisang sering digunakan sebagai campuran jamu herbal diabetes. 

7. Mengobati cacar air.
Banyak dari kita yang percaya jika setiap orang pasti mengalami cacar air setidaknya sekali dalam hidupnya.
Namun faktanya, hal ini belum tentu benar. Bukan berarti orang yang belum pernah mengalami acar air pasti akan mengalaminya. Terserang cacar air atau tidak, itu tergantung pada kekuatan sistem kekebalan dan juga kebersihan tubuh. Tak perlu khawatir sebab cacar air dapat diatasi dengan menggunakan batang pohon pisang. Caranya, ambil air batang pisang lalu campurkan dengan batang pulosari dan juga adas. Rebus campuran ini hingga mendidih dan minum 2 kali sehari.

C. Manfaat Jantung Pohon Pisang.

Mungkin banyak dari kita yang pernah mencoba masakan dari bahan dasar jantung pisang. Selain rasanya yang enak jantung pisang juga memiliki segudang manfaat, antara lain :

1. Mengurangi Resiko Hipertensi.
Konsumsi jantung pisang secara rutin mampu menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko terkena hipertensi.

2. Menyembuhkan Maag.
Sama halnya dengan batangnya, jantung pisang juga mampu menyembuhkan penyakitnya maag. Kandungan protease inhibitor dalam jantung pisang mampu menghilangkan bakteri tukak lambung dan menekan sekresi asam lambung.

3. Mengobati Anemia.
Kandungan zat besi dalam jantung pisang yang tinggi bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin tubuh dan dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia.

4. Meredakan Sembelit.
Mengkonsumsi jantung pisang dapat menyehatkan pencernaan dan menghilangkan sembelit. Sebab kandungan serat tak larut dalam jantung pisang membantu proses pencernaan.

5. Mencegah Kanker.
Senyawa anti kankernya yang terkandung dalam jantung pisang membantu mencegah dan membunuh sel kanker saat masih dalam tahap awal.

6. Menurunkan Berat Badan.
Kandungan serat jantung pisang juga dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan pada tubuh.

7. Menyehatkan Ginjal.
Potasium yang terkandung dalam jantung pisang dapat membantu mengurangi dan mencegah risiko batu ginjal. 

8. Anti Penuaan.
Radikal bebas termasuk zat yang berbahaya bagi tubuh, untuk itu tubuh memerlukan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam jantung pisang bermanfaat untuk memperlambat penuaan dan menyembuhkan masalah kesehatan lainnya.

9. Melawan Depresi.

Kandungan magnesium dalam jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengurangi depresi, kecemasan, dan memperbaiki mood seseorang.

D. Manfaat Buah Pisang.

Buah yang satu ini selain rasanya yang sangat enak juga kaya manfaat, menjadikan buah pisang termasuk salah satu super fruits yang paling mudah dijumpai dimana saja. Terlebih buah pisang mampu tumbuh tanpa terpengaruh oleh musim musim dan mudah untuk dibudidayakan membuat buah ini banyak dikembangbiakkan. 

1. Meningkatkan konsentrasi.
Kandungan kalium dalam buah pisang bisa meningkatkan tingkat konsentrasi untuk anak atau orang dewasa. Kalium dalam buah pisang membuat otak dan saraf berfungsi secara maksimal. Buah pisang juga kaya akan magnesium yang berperan penting untuk mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh. Magnesium juga membantu meningkatkan perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat.

2. Sumber asupan energi.
Buah pisang memberikan energi untuk mengawali hari. Mengonsumsi dua buah pisang saat sarapan bisa memberikan energi yang cukup untuk berjalan kaki selama satu setengah jam. Buah pisang juga kaya akan kandungan serat yang bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. 

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah.
Kandungan serat pektin dalam buah pisang termasuk nutrisi yang penting bagi tubuh untuk mengendalikan glukosa dalam darah. Dalam sebuah penelitian disebutkan buah pisang tetap baik untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes meskipun jumlahnya harus dibatasi.

4. Sumber antioksidan.
Buah pisang mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

5. Membuat kenyang lebih lama.
Ternyata buah pisang mengandung sejenis karbohidrat yang disebut resistant starch. Bersama serat pektin, nutrisi ini mampu memberikan efek mengenyangkan. Oleh karena itu, buah pisang juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. 

E. Manfaat Akar Pohon Pisang.

Memang terasa asing bagi kita yang belum mengetahui bahwa akar pohon pisang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Meskipun belum ada penelitian lebih mendalam mengenai akar pisang yang dipublikasikan, namun akar pisang diklaim dapat mengobati beberapa penyakit. Berikut ini manfaat dari akar pohon pisang, antara lain :

1. Sebagai penawar Racun.
Kemampuan akar pisang untuk menjadi obat penawar racun ternyata telah digunakan dari generasi ke generasi sebagai ramuan herbal tradisional. Hal ini salah satunya dikarenakan senyawa tanin dalam akar pisang dapat digunakan sebagai antiseptik yang efektif.

2. Meredakan Gejala Demam.
Akar pohon pisang memiliki sifat anti piretik yang dapat memberi efek dingin pada tubuh. Efek inilah yang dapat digunakan untuk meredakan tingginya sihu badan akibat demam. Anti piretik sendiri merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk merujuk obat pereda demam dengan cara mempercepat aliran darah dan mengeluarkan suhu panas melalui pori-pori sebagai keringat.

3. Mendinginkan Darah.
Kemampuan antipiretik pada akar pohon pisang selain dapat meredakan panas akibat demam, juga dapat mendinginkan darah.

4. Anti-Radang.
Akar pisang rupanya telah menjadi obat tradisional yang digunakan untuk mengobati peradangan. Untuk mengobati radang tenggorokan, bisa dengan cara mencuci satu genggam akar pisang kepok sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Sambil diremas-remas tambahkan tambahkan kira-kira ¾ cangkir air masak. Setelah itu peras akar pisang sampai Anda mendapatkan sarinya kemudian saring. Gunakan air sari akar pisang tersebut untuk berkumur 4-6 kali sehari sampai radang Anda sembuh. Untuk mengobati radang otak, bisa dengan cara meminum jus akar pisang. Caranya cuci akar pisang sebanyak 200 gram sampai bersih. Kemudian blender bersama air masak secukupnya. Setelah itu minum jus akar pisang secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

5. Mengobati Hipertensi.
Hipertensi (darah tinggi) bisa dicegah dan diobati menggunakan akar pisang. Caranya dengan merebus akar pisang segar yang sudah dibersihkan sebanyak 30-120 gram. Setelah dingin Anda dapat meminum airnya sebagaimana Anda meminum teh. Untuk mendapat hasil yang optimal minum satu cangkir sehari tiga kali secara rutin.

6. Mengobati Asma.
Sifat anti inflamasi serta anti piretik dalam akar pohon pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobati penyakit sesak nafas atau asma. 

7. Meredakan Rasa Sakit.
Untuk luka ringan akar pisang bisang digunakan untuk meredakan rasa sakit. Senyawa tanin yang terkandung pada akar pisang dapat membantu mencegah rasa sakit pada luka yang masih baru. Sedangkan untuk membantu menutup pembuluh darah dapat menggunakan getah pohon pisang.

8. Menjaga Kesehatan Mata.
Akar pisang baik untuk mata karena mengandung vitamin A. Meskipun tidak sebanyak pada manfaat wortel, qkar pisang masih bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh.

9. Mengobati Sariawan.
Akar pisang rupanya juga memiliki kemampuan untuk mencegah serta mengobati sariawan. Hal ini karena akar pisang dapat bertindak sebagai antiseptik melawan infeksi dan anti inflamasi.

10. Mengobati Penyakit Maag.
Fungsi lain dari efek dingin yang dimiliki akar pisang adalah menenangkan lambung. Kandungan dopamin yang ada pada akar pisang juga dapat menghambat pengeluaran asam lambung sehingga baik untuk mencegah timbulnya penyakit maag. Untuk mengobati maag yang disertai mual dan perih anda dapat menggunakan air rendaman akar pisang sebagai herbal alternatif. 

11. Mengobati Penyakit Kulit.
Kandungan anti piretik dan anti inflama dalam akar pisang dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Manfaat akar pisang untuk tubuh memang masih belum diteliti dengan begitu detail namun tidak dapat dipungkiri bahwa akar pisang telah digunakan sebagai tanaman herbal tradisional, bahkan sejak sebelum pengobatan modern berkembang begitu pesat.


Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.Bagi  Penderita penyakit ginjal dan jantung wajib konsultasi untuk mengkonsumsi buah pisang. Walau pisang tergolong makanan sehat dengan segudang manfaat, bagi yang sedang mengonsumsi obat jenis beta-blockers sebagai pengobatan penyakit jantung, sebaiknya menghindari buah yang satu ini.
Sebab, kalium dalam buah pisang berpotensi memberikan dampak negatif dengan obat tersebut. Begitu juga dengan pengidap gagal ginjal.  Kandungan kalium dalam pisang maupun sumber makanan lainnya dapat membahayakan. Apabila ginjal tidak bisa mengeluarkan kalium yang berlebihan dalam darah, hal ini bisa berakibat fatal. 

Bila ingin mendapatkan manfaat pisang secara optimal. Konsumsilah dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. Konsultasikan dengan dokter apabila memiliki kondisi medis tertentu. Jangan sampai manfaat buah pisang yang baik malah berujung buruk bagi kesehatan.

Selain buah pisang, bagian lain dari pohon pisang seperti daun, jantung, batang hingga akar juga harus diperhatikan dalam proses memanfaatkannya. Sebab diperlukan standarisasi yang baik dan menggunakan takaran dosis yang sesuai anjuran agar tidak menimbulkan efek samping. Sebab obat herbal dan tradisional belum tentu cocok dan ampuh untuk setiap orang. Dikhawatirkan bagi penderita penyakit tertentu bukanya mendapatkan hasil yang diharapkan malah justru sebaliknya. Sebaiknya tetap bijak dan mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelumnya.



Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tunggu artikel lainnya mengenai dunia flora hanya di Artikel Flora atau follow di akun Instagram @articleflora.id.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain. Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu. Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya m