Langsung ke konten utama

10 manfaat daun gingseng yang jarang diketahui

Manfaat daun gingseng yang jarang diketahui


Ginseng Jawa (Talinium Paniculatum) tumbuhan ini banyak ditemukan diberbagai kawasan khususnya di pulau jawa ginseng ini dimanfaatkan sebagai obat dan tanaman hias karena memiliki aktivitas biologi sebagai antibakteri & antiinflamasi. Namun dalam pembuatan obatnya perlu dilakukan standarisasi agar terjamin mutu dan keamananya.
Sejak dulu tumbuhan ini dipercaya sebagai obat tradisional daun dan akarnya digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Khasiat ginseng bagi kesehatan diantaranya :

1. Berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat utama yang ada pada daun ginseng yaitu antioksidan. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan juga sangat penting untuk kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, khasiat daun ginseng dapat membantu membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

2. Sumber energi bagi tubuh

Selain mengandung antioksidan, daun ginseng juga mengandungan vitamin B. Kandungan ini berguna untuk menjadi sumber energi pada tubuh. Khasiat daun ginseng lainnya yaitu membantu mengatasi kelelahan dan memperbaiki sel-sel yang rusak pada otot atau ligamen. Mengonsumsi daun ginseng sangat baik untuk kamu yang banyak beraktivitas.

3. Meningkatkan vitalitas pria dan wanita.

Banyak faktor dapat mempengaruhi vitalitas pria ataupun wanita. Mulai dari stres, kelelahan, atau faktor makanan. Untuk menjaga vitalitas tubuh, cobalah untuk mengkonsumsi daun ginseng. Sebab, tumbuhan ini dipercaya memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan vitalitas dalam berhubungan intim.

4. Membantu melancarkan sirkulasi darah.

Aliran darah yang tidak lancar dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk itu sebaiknya kamu mulai mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, salah satunya adalah daun ginseng. Kandungan sterol pada daun ginseng membantu melancarkan aliran darah.

5. Bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Khasiat daun ginseng lainnya yaitu untuk menurunkan berat badan. Daun ginseng kaya akan kandungan antioksidan dan serat. Kedua kandungan tersebut dapat membantu proses pembakaran lemak serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.


6. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

Daun ginseng memiliki kandungan saponin. Kandungan ini adalah salah satu senyawa yang penting dalam menjaga kesehatan organ hati. Khasiat daun ginseng dapat membantu menetralisir berbagai jenis racun di dalam tubuh, sehingga regenerasi sel hati pun meningkat dan dapat terhindar dari resiko kerusakan organ hati.

7. Membantu untuk melancarkan asi.

Bagi para ibu yang sedang menyusui, cobalah untuk rutin mengonsumsi daun ginseng. Pasalnya kandungan saponin juga berkhasiat untuk melancarkan asi. Kamu bisa mengonsumsi daun ginseng secara langsung atau dicampur kedalam minuman atau makanan.

8. Mencegah penyakit Alzheimer.

Alzheimer adalah penyakit yang berkaitan dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, dan juga perubahan perilaku secara bertahap. Daun ginseng berkhasiat untuk membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit alzheimer. Kandungan yang terdapat di dalam daun ginseng baik dikonsumsi oleh penderita alzheimer.

9. Membantu mengatasi diabetes.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi daun ginseng secara rutin mampu membantu mengatasi diabetes. Kandungan daun ginseng mampu menjaga kadar gula dalam darah sehingga level gula darah lebih mudah dikontrol agar tidak menimbulkan penyakit diabetes.

10. Mencegah penuaan dini.

Kandungan antioksidan di dalam daun ginseng juga dapat membuat tubuh dan kulit senantiasa awet muda. Konsumsi daun ginseng secara rutin baik untuk mencegah penuaan dini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona

Manfaat Pohon Puspa Pohon Hutan Yang Mempesona Puspa (Schima wallichii) seringkali ditemui di hutan-hutan. Daunnya yang rindang dan pohonnya yang cukup besar membuat pohon yang satu ini diminati sebagai pohon penghasil kayu dengan kualitas yang baik. Tak heran kayu pohon Puspa banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rumah, penghasil kayu bakar, pembuatan kertas, penghasil zat pewarna, kerajinan dan lain-lain. Bukan hanya pohonnya saja, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pohon Puspa yaitu daun, mahkota dan buahnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pakan ternak dan mahkota bunga juga buahnya setelah dikeringkan dapat diolah menjadi jamu. Di Indonesia, Puspa dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung hutan dan reklamasi lahan serta digunakan untuk reboisasi. Puspa dapat dijadikan sebagai tanaman revegetasi, karena kemampuannya yang dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah, iklim dan habitat. Oleh karenanya, pohon Puspa banyak ditanam di hutan-hutan karena banyaknya m